Mesin Labeling

Perawatan mesin labeling dilakukan supaya mesin tetap berada pada kondisi prima tiap kali digunakan. Agar siap dipergunakan untuk menunjang proses produksi. Oleh karena itu rawatlah selalu mesin label atau mesin labeling supaya lebih awet.

Mesin Labeling Wiratech

Mesin Label atau Label Shrink Packing merupakan sebuah mesin yang berfungsi untuk memberi label atau melabeli sebuah kemasan produk. Produk yang paling banyak atau sering menggunakan label adalah produk yang dikemas dalam botol, baik botol plastik, kaca, maupun metal.

Pemasangan label atau informasi label bisa terletak di atas, bawah, tengah, ataupun menutupi seluruh bodi dari botol atau pun media lain. Banyak sekali jenis film atau plastik yang bisa digunkan pada Mesin Shrink Label, mulai dari PE, PP, PVC, POF, dll.

Tips Merawat Mesin Labeling

  • Bersihkan secara berkala. Untuk mempertahankan mesin agar tetap prima, Anda perlu melakukan perawatan secara berkala. Bersihkan mesin menggunakan kain atau kuas secara perlahan agar tidak merusak bagian vital di dalam mesin terutama bagian roll Lakukan pembersihan tersebut setiap selesai digunakan.
  • Disiplin dalam penggunaan. Meskipun disebut dengan istilah teknologi modern, penggunaan mesin juga harus dibatasi. Manfaatkanlah mesin dengan strategi 4&1, yaitu empat jam digunakan lalu satu jam diistirahatkan. Dengan disipilin melakukan hal tersebut mesin lebih terjaga keawetannya dan dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang.

 

Cara Mengoperasikan Mesin Labeling

Pasang roll Roll label berfungsi untuk memudahkan proses pencetakan pada botol. Roll atau gulungan label ini nantinya akan berputar dan otomatis mencetak setiap tuas diturunkan. Roll label dipasang di antara penutup roller pita. Kencangkan baut label guiding disc agar posisi pita tetap stabil.

Pasang stiker. Pasang stiker melalui alur roll Mesin ini merupakan tipe manual maka harus dioperasikan dengan bantuan operator. Begitu juga pada pemasangan stiker. Gulungan dari stiker atau label perlu Anda hubungkan melalui alur roll hingga ke tahap pencetakan. Langkah ini juga harus dilakukan secara teliti agar stiker tidak terlipat, terputus, atau rusak.

Hubungan dengan mesin coding. Meskipun kategori mesin labeling manual, alat ini memiliki keunggulan dapat disambungan dengan mesin coding. Keunggulan ini tentu sangat bermanfaat karena memiliki multifungsi. Selain dapat meningkatkan nama perusahaan melalui stiker, juga bermanfaat bagi konsumen untuk mengetahui kualitas produk.

Nyalakan mesin. Aktifkan switch power dan Atur juga suhu sesuai dengan kebutuhan. Karena mesin labeling dilengkapi dengan sistem koding, maka diamkan sesaat untuk mengeluarkan suhu panas dari koding. Berikutnya, koding terlebih dulu mencetak di atas stiker. Lalu posisikan botol yang akan diberi label dekat tuas. Turunkan tuas ke arah botol, secara otomatis label akan merekat pada botol.

Kegunaan Mesin Label

Mesin Label atau Label Shrink Packing banyak digunakan pada industri besar seperti industri minuman botol, makanan, obat-obatan, kosmetik, pestisida, dll. Namun tidak menutup kemungkinan Mesin Labelling digunakan pada industri menegah UKM, seperti pada industri makanan oleh oleh dengan wadah kaleng.

Karena Mesin Tempel Sticker merupakan sebuah alat yang harus dimiliki oleh sebuah industri yang menggunakan label pada produknya. Dengan menggunakan Mesin Shrink Label, proses pelabelan produk anda akan semakin mudah, cepat, dan aman.

Hasil penyegelan dan pelabelan menggunakan Mesin Tempel Sticker pun lebih kuat, rapi, artistic, dan berkualitas tentunya.

Demikian pembahasannya tentang cara merawat mesin labeling yang digunakan untuk memasang label pada produk kemasan botol. Beberapa cara pengunaannya serta kegunaannya. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.