Mesin Induksi

Merawat mesin induksi bisa dibulang cukup mudah karena alat pengemas yang satu ini tak terlalu rumit perawatannya. Mesin ini biasa digunakan dalam menginduksi dalam pengemasan botol. Agar lebih kuat serta padat penutup botolnya sehingga lebih awet produk yang ada didalamnya.

Mesin Induksi

Mesin induksi merupakan sebuah mesin yang biasanya digunakan untuk menyegel botol yang menggunakan aluminium foil dan juga karet tutup botol. Mesin induksi disebut juga sebagai mesin press plastik yang menggunakan teknologi atau metode sederhana namun tetap efektif dalam proses penyegelan botol.

Fungsi dari mesin induksi ialah untuk membantu dalam hal pengemasan dan penyegelan botol Biasanya digunakan untuk menyegel hasil produksi UKM, perusahaan atau industri rumahan yang jumlahnya tidak sedikit. Dengan menggunakan mesin press plastik, maka proses penyegelan akan lebih mudah dan tidak berisiko untuk terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. Seperti ketika kita menggunakan tangan dan cara-cara manual biasanya akan gagal.

Cara Merawat Mesin Induksi

Rutin periksa alas induksi. Pemeriksaan tersebut dilakukan agar foil dapat menempel sempurna. Jika produk tidak menempel menandakan alas dari induksi melepuh atau hangus. Jika hal tersebut terjadi, Anda perlu menggantinya sebelum mesin mengalami kerusakan.

Voltase harus bagus. Sebelum memanfaatkan tenaga mesin ini, Anda perlu memastikan voltase harus bagus. Jika tegangan listrik buruk juga akan berdampak pada kualitas yang dihasilkan dan mesin akan mengalami kerusakan.

Manfaat Mesin Induksi Sealer

Memberikan kepastian bahwa produk Anda 100 persen baru.

Dengan menggunakan mesin induksi maka produk Anda disegel dan belum terbuka. Otomatis bisa memberikan kepastian bahwa produk yang Anda produksi sudah 100 persen baru.

Membuat produk menjadi awet tahan lama.

Dengan menyegel menggunakan mesin induksi bukan hanya membuat produk Anda menjadi rapi namun juga menjadi awet dan tahan lama. Karena tidak terkontaminasi.

Memberikan kepercayaan bahwa produk yang dijual adalah asli

Jangan terima jika segel rusak. Kata tersebut kerap kita dengar di iklan suatu produk. Begitu juga dengan produk Anda, lebih baik disegel dengan demikian orang percaya bahwa itu bukan produk tiruan melainkan produk asli. Jika produk tersebut segelnya rusak bahkan tidak tersegel maka tingkat kepercayaan menurun. Mereka akan berpikir bahwa barang yang segelnya rusak adalah barang tiruan.

Perekatan Aluminium Foil yang Kuat

Sistem induksi pada mesin sealer akan membuat lapisan alumunium menempel dengan kuat. Sehingga produk Anda tidak akan mengalami penjamuran atau kebusukan lebih cepat. Mesin ini wajib dimiliki oleh para pengusaha yang bergerak terutama di bidang farmasi, kosmetik maupun kuliner.

Cara Penggunaan Mesin Ternyata Sangat Sederhana dan Mudah

Untuk pengoperasian tidak dibutuhkan teknisi dengan keterampilan khusus. Bahkan Anda dengan mudah bisa mempelajari penggunaan mesin melalui video tutorial saja.

Bisa Digunakan Untuk Berbagai Kemasan

Tidak hanya produk berkemasan botol, sealer ini bisa digunakan untuk melapisi berbagai kemasan lain. Sebagai contoh; pengemasan toples untuk camilan, gelas berisi bubuk, dan tabung berisi minyak.

Mencegah Kebocoran Produk Cairan

Selain produk berbahan dasar padat dan kering, seal juga bermanfaat untuk menjaga produk Anda dalam bentuk cairan atau minyak agar tidak mudah bocor.

Mencegah kebocoran jika produknya cair.

Dengan adanya aluminium foil, maka akan produk Anda yang berbentuk cair tak akan tumpah. Karena aluminium foil memang tahan air sehingga tahan terhadap kebocoran.

Bisa digunakan untuk berbagai kemasan

Mesin induksi bisa digunakan untuk berbagai kemasan baik itu plastik, kertas maupun aluminium foil. Jadi, Anda tak perlu membeli alat yang banyak untuk menyegel. Karena mesin induksi juga bisa digunakan untuk botol non-metal seperti plastik dan gelas.

Proses penyegelan aluminium.

Proses penyegelan aluminium terbilang cepat dengan rata-rata sampai dengan 12 botol per menit. Mesin didesain sehingga Anda dapat melakukan penyegelan dalam waktu yang sangat singkat. Baik bisnis dalam skala kecil maupun besar, terdapat aneka jenis mesin yang dapat disesuaikan dengan bujet dan kebutuhan Anda.

Pengguna Produk Anda Dapat Melihat Integritas Produk

Bisnis tanpa branding tidak akan bertahan lama. Selain memikirkan sisi fungsional produk yang dijual, kemasan memiliki peranan untuk menunjukkan karakter si pemilik bisnis. Produk dengan kemasan yang “asal-asalan”, tentu lama-kelamaan akan digeser dengan produk lain yang serius dalam mengemas produknya.

Ramah Lingkungan

Belakangan, gaya hidup ramah lingkungan banyak diterapkan para pebisnis untuk mengemas produk yang mereka jual. Caranya adalah dengan menerapkan penyegelan aluminium foil tanpa penggunaan tutup ulir botol tambahan. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan jenis produknya, misalnya untuk produk yang sekali pakai atau sekali konsumsi saja.

Fungsi Mesin Induksi Dalam Industri

  • Melakukan penyegelan kemasan botol plastik dengan diameter hingga 4 cm.
  • Menjaga kebersihan, kehigienisan dan kesegaran dari produk.
  • Meminimalisir dari risiko kebocoran jika tidak disegel.
  • Memperlambat terjadinya proses oksidasi.
  • Memperpanjang masa ekonomis produk.

 

Cara Menggunakan Mesin Induksi

  • Nyalakan tombol power
  • Lakukan pengaturan waktu lewat panel kontrol. Sesuai dengan yang kita inginkan. Biasanya tegangan atau voltmeter akan menyesuaikan.
  • Pasang lapisan foil pada tutup kemasan (bagian foil menghadap ke bawah tutup botol).
  • Tempelkan moulding tepat di atas tutup kemasan dan tekan tombol untuk memulai proses sealing.
  • Waktu pengaturan pada panel akan bergerak kembali ke angka awal tanda proses telah selesai.
  • Maka aluminium foil pada botol akan merekat sempurna.

Demikian pembahasannya tentang cara merawat mesin induksi sealer yang biasa digunakan untuk menginduksi tutup botol agar rapat dan produk cair yang ada di dalam botol tetap awet. Semoga bermanfaat dan menabah pengetahuan anda.