Carton Sealer

Perawatan mesin carton sealer memang perlu dilakukan bila penggunaannya yang intensif. Agar mesin ini selalu dalam kondisi prima tiap kali digunakan. Mesin apapun yang anda gunakan dalam industry UKM maka anda perlu melakukan perawatan untuk mesin tersebut. Jadi jangan hanya bisa memakainya saja.

Carton Sealer

Mesin carton sealer dalam industry atau bisnis memang digunakan untuk menyegel kardus atau karton mereka. Bila anda adalah pebisnis baru dan mulai kerepotan untuk menutup kardus menggunakan lakban, sebaiknya pertimbangkan untuk menggunakan mesin carton sealer ini.

Berikut ini cara perawatan mesin carton sealer yang biasa digunakan untuk menyegel packaging. Agar produk yang ada dalam packaging carton lebih aman dan tidak mudah berantakan. Bagaimana cara merawat mesin carton sealer, simak berikut ini:

Merawat Mesin Carton Sealer

Ada berbagai tipe untuk mesin carton sealer yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Mesin ini didesain berkaki roda agar dapat dengan mudah dipindah atau digeser. Sebelum pengoperasian, pastikan kaki-kaki roda sudah dikunci. Perawatannya juga sangat mudah:

  • Gunakan electric blower atau vacuum cleaner untuk membersihkan setiap bagian yang bergerak, misalnya; rel-rel pada penampang mesin.
  • Bersihkan pisau pemotong lakban menggunakan cutter dan lap bersih. Pastikan tidak ada sisa-sisa lem yang menempel. Karena jika lem menumpuk terlalu lama, kinerja pisau tidak akan memotong sempurna.
  • Oleskan tipis petroleum jelly atau lubrikan menggunakan lap setelah pisau benar-benar bersih.
  • Cek bagian dimana lakban melekat, perhatikan apakah ia terpasang terlalu kencang atau terlalu kendor. Karena jika terlalu ketat, lakban tidak akan menempel ke karton/kardus. Dan jika lakban terpasang terlalu kendor, hasil lakban pada kardus akan menempel dengan permukaan yang keriting.
  • Istirahatkan mesin carton sealer selama 1 jam setiap pemakaian selama 8 jam.

Cara Penggunaan Mesin Carton Sealer

Cara penggunaan mesin ini tergolong mudah. Meski demikian kita tetap harus cermat tiap kali akan menggunakan mesin ini guna menghindari resiko kecelakaan. Setelah menggunakan sarung tangan untuk alat proteksi diri, lakukan langkah-langkah penggunaanya berikut ini:

  • Pasanglah lakban atau pita perekat lebar pada rel bagian atas mesin, sejajarkan sesuai dengan arah sesuai instruksi yang tertera pada mesin. Pastikan pita terpasang dengan tegangan yang cukup.
  • Posisikan sisi kardus yang ingin dipasangkan lakban pada sebelah atas, kemudian atur lebar dan tinggi mesin agar jalur lakban dapat melekat sempurna pada posisi yang diinginkan. Pemasangan kardus yang pas akan menghasilkan pelekatan lakban yang rapi.
  • Hubungkan listrik ke stop kontak, hidupkan tombol untuk menyalakan mesin.
  • Dorong kardus secara perlahan searah dengan lajur lakban.
  • Mesin akan menjalankan kardus melewati dispenser lakban.
  • Setelah kardus selesai diberikan lakban, maka Anda bisa melanjutkan proses untuk kardus lainnya.
  • Jika sudah selesai, matikan mesin.

Manfaat Mesin Carton Sealer

Mesin carton sealer bekerja untuk mengemas produk atau barang yang menggunakan karton atau kardus kemudian secara otomatis mesin ini akan menyegelnya dengan baik.

Ketahui Cara Kerja Mesin Carton Sealer

Prinsip kerja mesin carton sealer ini memiliki kegunaan untuk melipat dan membentuk karton atau kardus lalu menyegelnya setelah kardus diisikan produk. Pastinya fungsi mesin ini akan mempermudah anda dalam proses pengemasan. Dengan begitu cara manual yang biasa anda lakukan untuk melipat kardus tidak perlu anda lakukan lagi, karena cara manual ini tentu sangat merepotkan.

Perbedaan yang lebih baik akan anda dapatkan ketika anda menggunakan mesin carton sealer ini dimana hasil maksimal akan anda dapatkan sesuai keinginan anda dalam waktu yang cukup cepat. Dengan begitu proses pengemasan dapat menghemat waktu.

Supaya proses penyegelan carton bekerja cepat, dalam mesin ini telah dilengkapi dengan 2 penyegel sekaligus dibagian atas bawah dan samping kanan kiri sehingga secara otomatis mesin ini akan menyegel karton / kardus secara menyeluruh.

Selain itu mesin carton sealer juga dilengkapi dengan meja yang akan membantu proses pengemasan kardus lebih mudah. Dimana meja pada mesin ini dilengkapi dengan 4 kaki dan roda dimasing masing kaki. Sehingga anda bisa memindahkan atau menggeser mesin ini sesuai kebutuhan anda dengan mudah. Tanpa harus diangkat angkat terlebih dulu, tinggal didorong, mesin akan dipindah.

Namun karena ada rodanya sehingga membuat pekerjaan menjadi mengganggu. Oleh sebab itu jangan lupa untuk mengganjal roda pada mesin ini agar tidak bergeser saat digunakan. Anda bisa menggunakan pengunci roda yang terletak dibagian sisi roda. Selain itu anda juga bisa mengatur ketinggian kaki meja mesin.

Demikian pembahasannya tentang cara merawat mesin carton sealer, yang bermanfaat untuk melakukan penyegelan produk yang packagingnya menggunakan kardus atau karton. Semoga bermanfaat dan mmenambah pengetahuan anda.