Mesin Capping

Merawat mesin capping alias mesin penutup botol cukup mudah. Karena mesin ini penggunaannya tidak serumit penggunaan mesin lainya yang selalu bersentuhan dengan bahan baku dan debu.

Mesin Capping Wiratech

Mesin Capping atau Mesin Penutup Botol ialah peralatan yang digunakan untuk mempermudah proses menutup botol. Mesin tersebut dapat digunakan untuk menutup berbagai macam jenis botol diantaranya botol plastik, botol beling. Dengan berbagai macam jenis penutup seperti penutup berbahan plastik, seng, kawat dan ulir.

Mesin penutup botol banyak digunakan didalam industri pengemasan liquid atau cair. Industri air minum mineral, industri obat, industri beer atau whiski dan industri lainnya yang produknya dikemas dalam botol.

Dalam penggunaannya tiap mesin bila digunakan secara terus-menerus tentunya butuh perawatan agar selalu dalam kondisi prima. Sehingga usaha anda dapat berjalan dengan lancar dan anda dapat terus berproduksi tanpa harus khawatir.

Berikut ini ada beberapa cara perawatan mesin capping setelah penggunaannya dalam industri. Agar tidak cepat rusak dan selalu dalam kondisi prima saat digunakan.

 

Cara Merawat Mesin Capping Agar Tetap Awet

  • Perhatikan as atau sumbu. Melakukan perawatan bertujuan agar mesin tetap awet dan dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu panjang. Khusus mesin capping Anda harus memerhatikan kinerja bagian sumbu atau as yang bergesekan (bagian dengan proses kerja nak turun). Lumasi menggunakan grease agar as tidak kering. Jika as mengering akan menyebabkan karat dan menghembat gesekan pada sumbu atau as.
  • Perhatikan grease fitting. Selain sumbu, bagian lainnya yang perlu diberikan grease atau gemuk adalah bagian grease fitting atau lubang. Lubang tersebut juga perlu diberikan gemuk dengan alat khusus, yaitu grease gun.
  • Pemeriksaan fan belt. Fan belt adalah pemindah putaran dari motor utama ke putaran pengencang tutup botol dan sebagai posisi naik turun pegangan badan botol. Pemeriksaan dilakukan sebulan sekali menggunakan tangan saat kondisi mati. Periksalah dengan cara menarik sedikit fan belt. Jika dirasa sudah kendur, segera ganti agar mesin tidak rusak.

 

Cara Menggunakan Mesin Capping

  • Atur diameter ujung permukaan botol. Sebelum melakukan penyegelan pastikan terlebih dahulu Anda sudah mengatur diameter yang diinginkan. Hal tersebut bertujuan agar hasil segel merekat sempurna sesuai dengan ukuran. Kami menyediakan dua mesin capping untuk tutup plastik dengan ukuran φ25~φ40 dan tutup kaleng atau metal φ20~φ40 mm.
  • Letakkan tutup pada ujung botol. Langkah berikutnya dilakukan secara manual. Posisikan tudung di ujung permukaan botol dengan bantuan operator. Tidak perlu direkatkan karena proses segel akan dilakukan oleh mesin secara otomatis.
  • Posisikan botol di bawah alat segel. Letakkan botol yang sudah diberi tutup di dalam mesin capping. Tidak perlu menunggu waktu lama, mesin akan secara otomatis melakukan proses segel dengan cara press pada botol. Botol pun siap dijajakan.

Mesin ini sangat berperan besar dalam pengemasan tutup botol karena menyangkut segel dan juga masa penghitungan jangka kadaluarsa. Tutup botol adalah suatu hal yang sangat penting, Karena ada pernyataan umum yang lazim “jangan terima apabila segel atau tutup botol rusak” atau dalam bahasa inggris “dont accept if seal broken”. Ini adalah suatu indikasi bahwa tutup botol adalah suatu hal yang sangat penting.

Keputusan calon konsumen untuk membeli suatu produk kini sangat dipengaruhi oleh kemasan suatu produk. Kemasan yang terlihat rapuh, bisa menimbulkan keraguan akan tingkat higienitas dari produk. Dalam hal ini, tutup botol adalah bagian dari pengemasan yang dapat menjadi sumber kontaminasi atau penurunan kualitas produk. Demi menghindari risiko tersebut, gunakanlah mesin penutup botol untuk bisnis Anda.

Anda pasti bertanya apakah perlu membeli mesin penutup botol? Berikut ini aka nada beberapa penjelasan tentang pertanyaan seputar fungsi hingga spesifikasi mesin capping yang diandalkan dapat mendukung usaha Anda.

 

Manfaat Mesin Capping

Mesin penutup botol digunakan untuk memasang tutup botol dengan tujuan penyegelan agar produk tidak terpapar udara maupun kontaminasi di ruangan. Penggunaan penutup botol yang tersegel dengan rapat dan kuat akan mempertahankan kualitas produk hingga sampai di tangan konsumen.

Bukan hanya itu, tutup botol yang terpasang dengan baik akan memastikan produk yang disimpan tidak rusak sebelum mencapai masa kedaluwarsa. Tidak sedikit pengusaha kecil dan menengah yang menangguk biaya kerugian dan kehilangan konsumen, karena sedikit lalai dalam hal pengemasan tutup produk.

Padahal, akibat dari tutup yang kendur sangatlah fatal. Produk bisa berubah warna, rasa, dan yang terburuk bisa meracuni konsumen yang kurang teliti.

Perlu Anda ketahui, bukan cuma produk makanan dan minuman atau bumbu masakan yang bisa menggunakan tutup botol. Melainkan juga produk obat-obatan atau farmasi yang justru lebih rentan terhadap perubahan suhu dan kondisi lingkungan.

Baik usaha kecil atau pun menengah, keamanan konsumen untuk memperoleh produk dengan kemasan yang layak tidak boleh Anda abaikan. Itulah mengapa penggunaan mesin penutup botol bisa menjadi solusi sekaligus penjamin mutu dari produk yang Anda pasarkan.

 

Cara Mengoperasikan Mesin Capping

Cara kerja mesin capping cukup mudah dimengerti. Mesin akan mendorong tutup botol hingga merekat kuat pada mulut botol. Agar lebih memahaminya, berikut adalah bagaimana cara menggunakan mesin penutup botol.

  • Pastikan mesin dan tangan Anda dalam kondisi bersih. Umumnya digunakan sarung tangan plastik untuk para pekerja. Hal ini akan meminimalisasi adanya kontaminasi kotoran dari tangan, sekaligus memastikan produk Anda tetap higienis.
  • Siapkanlah mesin penutup botol beserta produk Anda yang telah dimasukkan ke dalam botol dan tutup botolnya. Jangan dulu menyalakan mesin sebelum proses pengaturan dilakukan.
  • Tutup bagian mulut botol dengan tutup botol yang telah Anda sediakan. Pastikan letak tutup botol tepat pada bagian bukaan botol. Tekan sedikit agar tidak bergeser saat Anda memasukkan botol ke dalam posisi di mesin.
  • Aturlah ketinggian botol pada mesin. Jangan lupa untuk mengatur diameter dari mulut botol dan diameter tutup botol pada mesin penutup botol. Pastikan ukurannya pas.
  • Selanjutnya, Anda dapat menyalakan mesin penutup botol.
  • Kemudian, Anda boleh meletakkan botol yang telah diberikan tutup botol ke dalam posisinya pada mesin.
  • Usai botol diletakkan, maka mesin penutup botol akan mengangkat dan mengarahkan botol ke penyegel yang berputar.
  • Saat tutup botol menyentuh bagian penyegel yang berputar, botol secara otomatis akan tersegel dengan rapat dan ketat. Secara paralel, botol yang telah tersegel akan turun ke bawah.
  • Ketika penampang mesin beserta botol yang telah tersegel turun, ambillah botol tersebut. Kemudian, gantilah dengan botol lain yang belum tersegel. Lanjutkan terus, hingga semua produk botol Anda telah tersegel dengan sempurna.
  • Botol yang sudah tersegel telah siap untuk Anda pasarkan.

 

Demikian pembahasannya tentang cara merawat mesin capping. Dengan berbagai fungsi serta dan cara penggunaannya semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.